Minggu, 16 Oktober 2011

Muda-Mudi di Desaku

        Karang Taruna adalah organisasi yang didalamnya berisikan para anak muda yang ingin memperdalam jiwa sosialnya. Di desaku ada sebuah organisasi karang taruna, namun sayang saat ini organisasi hampir punah dan bahkan tidak ada jejaknya sama sekali. Jadi gini ceritanya, suatu hari fath, andri dan anis ingin meminta persetujuan (tanda tangan) Pak Lurah Desa Pundong di kelurahan. Sebelum minta tanda tangan, surat tersebut harus di tandatangani oleh ketua karang taruna. Nah, ketika diminta ke bagian Karang Taruna Fath terkejut dan bingung karena yang berada di ruangan tersebut hanyalah seorang bapak-bapak yang kira-kira berumur 38tahunan. Dan ternyata benar yang saya duga, bahwa bapak itu adalah ketua organisasi Karang Taruna. dalam hati bilang, O mai god.. Dimana para anak muda yang dulu sangat dibanggakan Bung Karno ini? kenapa bisa bapak-bapak yang memimpin karang taruna?


        Tapi, aku masih bangga tinggal di lingkungan desaku. Walaupun dari sekian ribu desa, mungkin hanya para pemuda di desaku yang masih memiliki jiwa kebersamaan, gotong royong dan kekompakkan. Tanpa meninggalkan warisan dari orang tua yang dulunya juga seperti itu.
        Di desaku ada organisasi Ikatan Pemuda-Pemudi Pundong, kegiatannya rapat rutin bulanan setiap malam minggu kliwon. dilanjutkan pada minggu paginya ada kegiatan Bersih Sasono Loyo(Kuburan). Selain itu ada rapat di luar rapat jika ada agenda mendadak atau event-event lainnya. Bagi Pemuda, saat malam minggu diadakan Ronda (jaga malam) keliling desa. Ada Pengajian rutin setiap malam minggu Pahing. Selain itu juga ada kegiatan Hadroh Dziba' Berjanji setiap hari Kamis malam. Setiap ada yang hajatan, pemuda-pemudi membantu ke tempat yang punya hajatan. Nah itu sekilas dari kegiatan Muda-Mudi di desaku. Bagaimana Muda-Mudi di tempatmu??

2 komentar:

  1. Waaaaaaah.. asyk itu fat.. Udgh prnah bwt acra apa aja ?

    BalasHapus
  2. banyak mu...
    bingung mau nyebut satusatu..
    hmmmmm, Asyik la ya..

    BalasHapus